Bisakah Pelabuhan Dikuasai Asing?

Mensoal debat kemarin malam soal pelabuhan atau bandara tidak bisa dikuasai asing itu omong kosong, dari seorang presiden bodoh yg sudah terjebak dalam pelukan “debt trap” Cina.

Dia berkata semua itu adalah investasi dan kerja sama dagang. Tapi ada udang dibalik batu, yaitu hutang yang besar dengan bunga yang tinggi.

Lihatlah kasus di Sri Langka yg pelabuhannya jatuh ke tangan negara Cina, itu karena proyek ambisius presiden Mahinda Rajapaksa yang ingin membangun pelabuhan dan melirik Cina sebagai sumber dana.

Kesulitan membayar hutang, Sri Langka ditekan oleh Cina dan hasilnya 99 tahun pelabuhan yang baru dibangun itu dikuasai Cina.

Polanya hampir sama, presiden Indonesia tidak sadar akan hal itu, dia punya ambisi membangun proyek proyek besar untuk merealisasikan janjinya, tapi hasil dari hutang Cina sebesar 15,491 miliar USD.

Hutang sebesar itu jika tidak bisa dibayar kemungkinan Indonesia akan kehilangan pelabuhan atau bandara yang akan dikuasai Cina.

Salah satu bukti pemerintah sudah ditekan Cina adalah, mudahnya WNA Cina bisa bekerja di Indonesia, buah dari kebijakan “nyeleneh” membebaskan visa wisatawan asing.

Masih ingat gak kasih paket wisata murah di Bali yang didominasi orang cina, sehingga merugikan wisata di Bali.

Dimana wisatawan Cina datang ke Bali, menginap dan berbelanja di hotel dan toko orang Cina yang produknya dari Cina juga.

Bahkan belanjanya menggunakan uang digital Yuan bukan Rupiah. Berharap dapat devisa besar mah nol besar, uang dari Cina kembali ke Cina juga akhirnya.

Seperti inilah hasilnya klo punya presiden bodoh tapi punya ambisi besar, tidak memikirkan resiko dari setiap kebijakannya, menjijikan.

Sebenarnya saya cemas dengan infrastruktur yang dibangun pemerintah sekarang, seperti kereta cepat Jakarta Bandung dan bandara NYAI tidak bernasib sama dengan LRT Palembang yang sepi.

Sehingga kita tidak bernasib sama dengan Sri Langka yang sukses membangun bandara dan pelabuhan tapi sepi, alhasil tidak ada pemasukan untuk membayar hutang.

Advertisements

0 Responses to “Bisakah Pelabuhan Dikuasai Asing?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.




Blog Stats

  • 294,512 hits
Advertisements