Gas 5.5 Kg Mulai Beredar di Madiun

Siap-siap ucapkan selamat tinggal pada gas 3 Kg atau biasa dikenal dengan gas Melon karena warnanya yang ijo. Seperti yang sudah saya prediksi akan muncul gas 5.5 Kg, karena beberapa bulan ini mendekati hari raya Kurban, gas Melon sulit didapatkan. Sekalipun ada, harga dari sales dinaikan “sak penak udele dewe” (semaunya sendiri). Sedang di tingkat agen harga stabil tapi ketersediaan barang tidak ada.

Hari Senin, saya pesan 20 gas 3 Kg dan apa yang didapatkan adalah 10 tabung gas 3 Kg dan 1 tabung gas 5.5 Kg. Ternyata agen menawari saya untuk beralih menjual gas 5.5 Kg dan mencoba untuk memasarkan dan memperkenalkannya ke masyarakat.

Tabung gas 5.5 Kg mempunyai ukurannya sama seperti tabung Bluegaz 5.5 Kg dengan warna pink yang mencolok dan sedikit mengkilap. Dengan berat total kurang lebih 7 Kg, gas 5.5 Kg mempunyai peganggan yang nyaman dibandingkan dengan gas Melon. Sehingga menjinjingnya tidak akan sakit di tangan.

Ada yang berbeda pada segel pengamanan, dimana segel pengaman lebih rapat dan ada QR code, entah untuk apa QR code itu. Pada gas Melon segel cuma terbuat dari plastik yang bisa palsu, tapi pada gas 5.5 Kg cukup aman jika ada orang yang tidak bertanggung jawab mencoba mengoplos pasti kesulitan, karena sagel cukup rapat dan aman.

Keamanan gas 5.5 Kg masih belum bisa saya jelaskan, karena masih baru dan belum ada kejadian kecelakaan dikarena gas 5.5 Kg.

Oh ya berapa harga gas 5.5 Kg? Untuk membeli tabung baru + isi dibandrol dengan harga Rp. 350.000 dan jika hendak isi ulang dibandrol dengan harga Rp. 65.000. Itu berarti 1 Kg gas dihargai Rp. 12.000 dimana harga per kilo gas 5.5 Kg sama dengan gas 12 Kg.

Dibandingkan dengan harga gas Melon, tentu gas 5.5 Kg lebih mahal karena tidak ada subsidi dari pemerintah. Pada gas Melon harga 1 Kg seharga Rp. 6.000, 2 kali lebih murah dibandingkan gas 5.5 Kg.

Lantas bagiamana nasib gas Melon? Menurut kabar yang saya dapatkan (masih belum pasti), 2 tabung Melon 3 Kg bisa ditukar dengan 1 tabung gas 5.5 Kg. Dan ketersediaan gas Melon lambat laun akan menghilang. Sedangkan dari berita yang saya baca di media online, untuk membeli gas Melon harus menunjukan kartu miskin untuk mencegah orang kaya menggunakan gas 3 Kg.

Seperti yang kita ketahui, gas Melon sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Walaupun niatan pemerintah gas 3 Kg untuk rakyat miskin tapi banyak orang-orang kaya yang menggunakannya. Bahkan gas 3 Kg digunakan untuk heater di kamar mandi. Tidak salah juga banyak orang kaya menggunakan gas 3 Kg, karena harga gas non subsidi sangat mahal dan berat. Contoh gas Elpiji 12 Kg, ibu-ibu mana yang mampu angkat gas seberat 12 Kg? Dan dibandrol dengan harga Rp. 150.000. Hadirnya gas 3 Kg justru malah menjawab permasalahan ibu-ibu itu, ringan dan murah.

Terlebih lagi pada waktu peralihan dari minyak ke gas, pemerintah mau bagi-bagi tabung gas Melon dengan cuma-cuma. Itu yang membuat masyarakat lambat laun mau beralih dari minyak ke gas, dicabutnya subsidi minyak dan hilangnya minyak di pasaran membuat gas Melon menjadi candu, masyarakat sulit lepas dari gas Melon.

Kini pemerintah hendak membatasi penggunaan gas Melon, diperlukan langkah strategis untuk membuat masyarakat mau berpindah ke 5.5 Kg.

Saya mencoba menawarkan gas 5.5 Kg kepada pelanggan-pelanggan saya, tapi sampai saat ini tidak ada respon positif. Kebanyakan mereka enggan memakai gas 5.5 Kg karena harus beli tabung lagi, sedangkan alasan lainnya mahal.

Pendapat saya pribadi, saya lebih menyukai masyarakat mau menggunakan gas 5.5 Kg karena kualitasnya jauh diatas gas Melon. Dari pengalaman saya, memasang gas Melon sering mengalami kesulitan, bahkan perlu diakal agar bisa digunakan. Selain itu kualitas tabung Melon bisa saya katakan tidak layak, kotor, berkarat dan peyok. Itulah yang membuat banyak terjadi kecelakaan karena gas Melon.

Bagiamana dengan anda? Setuju atau tidak gas Melon digantikan gas 5.5 Kg?

Advertisements

0 Responses to “Gas 5.5 Kg Mulai Beredar di Madiun”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s