Bagaimana Meningkatkan Kualitas Bisnis Air Mineral dan Gas?

Punya usaha sendiri merupakan idaman setiap orang, tapi tak banyak orang yang mau bersungguh-sungguh mewujudkannya karena beratnya mewujudkan impian itu. Tapi benarkah seperti itu?

Salah satu bisnis yang menjanjikan saat ini adalah bisnis air mineral dan gas, dimana air mineral dan gas sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Masyarakat sudah tidak lagi menggunakan air PDAM sebagai air minum karena banyak mengandung klorin, zat yang dibutuhkan untuk menjernihkan air.

Lihatlah ke keluarga kita sendiri, seberapa sering ibu atau istri beli gas dan air mineral? Setiap minggu mereka minimal membeli 1 air mineral dan 1 gas 3 Kg. Tentu keluarga yang lain membutuhkannya juga, bahkan tingkat konsumsinya bisa lebih besar.

Bukankah itu peluang bisnis yang nyata?

Belum lagi masalah persediaan barang yang tidak menentu dan harga yang tidak stabil, terutama gas 3 Kg. Jika kita mampu menjawab kebutuhan pelanggan itu, tentu mereka akan menjadi konsumen yang loyal kepada kita.

Sebagai contoh toko A harga gas 3 Kg 20.000 (mahal), toko B harga gas 3 Kg 18500 (murah) tapi persediaan tidak menentu. Maka kita bisa ambil peluang menjawab kebutuhan pelanggan dengan menjual gas 3 Kg dengan harga murah dan persediaan barang selalu ada.

Untuk menambah nilai plus toko kita, bisa antar dan pasang gas. Tentu servis ini sangat memanjakan para pelanggan. Karena tidak semua pelanggan bisa pasang gas, bahkan ada yang takut pasang gas.

Mendengarkan keluh kesah pelanggan

Dari pengalaman saya berjualan gas dan air mineral, pelanggan sering mengeluh terhadap persediaan gas 3 Kg dan harga yang tidak stabil.

Alhamdulillah keluhan pelanggan aku jawab dengan memberikan persediaan gas 3 Kg dan harga yang stabil.

Ketika dari agen gas 3 Kg langka, saya mau membayar harga gas 3 Kg dengan harga tinggi agar persediaan gas selalu ada. Walaupun itu berarti keuntungan sedikit, tetapi demi memenuhi kebutuhan pelanggan saya siap dengan resiko itu.

Bagaimana dengan air mineral Aqua, harga Aqua cenderung stabil dikisaran 15.000. Tetapi apa yang selalu dikeluhkan oleh pelanggan? Benar, 19 liter air dalam satu galon benar-benar berat, terutama untuk untuk ibu rumah tangga. Untuk menjawab itu, saya memberikan servis mengantarkan dan memasangkan Aqua galon kepada pelanggan.

Cukup dengan telepon atau SMS pelanggan membeli air mineral tanpa mengeluarkan peluh untuk mengangkatnya.

Bagiamana jika pelanggan pesan air mineral saat malam hari, ketika toko tutup? Jika anda mampu mengantarkan pesanan itu, itu adalah servis yang luar biasa. Hal itu akan membuat pelanggan loyal terhadap anda.

Apa yang lebih baik dari pelanggan yang loyal?

Cerita telur ayam kampung

Memberikan bonus kepada pelanggan merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas bisnis kita, tak perlu muluk-muluk memberikan bonus seperti jalan-jalan ke Bali. Tapi memberikan bantuan air mineral gelas gratis kepada pelanggan saat acara arisan sudah cukup.

Biasanya kita kulakan air mineral 10 dapat bonus 1 dari sales, itu bisa diberikan kepada pelanggan. Tak perlu mengeluarkan modal besarkan?

Saya cerita sedikit pengalaman saya, waktu 1 bulan memulai usaha, saya masih kesulitan mendapatkan pelanggan karena banyak yang belum tahu. Ketika saya mendapatkan pelanggan, dan pelanggan membeli produk ku untuk kedua kalinya, mereka aku kasih bonus telur ayam kampung.

Kebetulan dulu bisnis ternak ayam kampung, tapi ditawar murah dagingnya dan tidak jadi aku jual, eh alhamdulillah produksi telur ayam kampung melimpah. Iseng-iseng telur ayam kampung aku kasih ke pelanggan.

Apa yang aku dapatkan setelah itu? Pelanggan mulai bercerita kepada temannya, jika beli Aqua di toko ku dapat telur ayam kampung. Dengan begitu tanpa perlu promosi aku mendapatkan pelanggan baru.

Tapi tahukah apa yang menarik dari hal itu? Justru banyak pelanggan minta aku menjual telur ayam kampung. Kini selain menjual air mineral dan gas, aku juga menjual telur ayam kampung.

Terus berkembang

Ada pepatah bagus, “berawal dari ide kecil, kerjakan dan biarkan berkembang”. Begitulah bisnis yang baik, berawal dari ide, kerjakan dan biarkan berkembang. Kalau kita sudah mengerjakan bisnis kita, langkah selajutnya adalah kembangkan.

Banyak pebisnis pemula lupa memprioritaskan untuk mengembangkan usaha dan lebih memilih menuruti gaya hidup, hingga akhirnya mereka lupa dan tertinggal oleh saingannya.

Hal yang paling sederhana dalam mengembangkan bisnis adalah memperbanyak produk yang kita jual. Lantas bagaimana produk baru kita langsung laku? Gampang, selalu dengarkan permintaan pelanggan.

Contoh, awalnya saya hanya berjualan gas 3 Kg, tapi ternyata ada keluarga yang tidak menggunakannya.

Pernah saya dimintai pelanggan untuk menyediakan Bluegaz, saran itu aku tampung, step by step saya mulai merencanakan untuk menjual itu. Saya mulai mencari tahu tentang Bluegaz, dari harga, cara pemasangan, modal dan yang terpenting dimana kulakannya.

Alhamdulillah setelah 2 bulan riset, akhirnya aku menjual Bluegaz, bahkan menjadi agen Bluegaz. Kini aku bisa menyediakan permintaan Bluegaz untuk ketiga pelanggan ku.

Bagaimana sederhana bukan untuk meningkatkan kualitas bisnis kita? Hal-hal kecil dapat meningkatkan kualitas bisnis kita, tergantung bagaimana kita peka dan mau melakukannya atau tidak?

Advertisements

0 Responses to “Bagaimana Meningkatkan Kualitas Bisnis Air Mineral dan Gas?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s