Kapal Perang Rusia mulai Menggempur Pemberontak Suriah

Di laut Kapsia 4 kapal perang Rusia meluncurkan rudal jarak jauh untuk menghantam kelompok pemberontak Suriah. Setidaknya 26 rudal telah diluncurkan dan menghantam wilayah Suriah, padahal jarak antara laut Kaspia dengan Suriah berjarak 1.500 kilometer.

Dalam video itu tampak dibuat seperti sebuah propaganda, membuka pintu, menutup pintu dan membuka kunci untuk mengaktifkan rudal tampak seperti sudah disetting. Masih simpang siur siapa yang menjadi target serangan rudal itu, Rusia mengklaim bahwa target utama adalah IS, dan tidak ada korban jiwa dari penduduk sipil. Sedangkan Amerika mengatakan bahwa bersumber dari relawan dan wartawan bahwa Rusia tidak menargetkan IS.

Serangan roket yang diluncurkan oleh kapal perang Rusia dari laut Kaspia, sempat terekam oleh tentara YGP. 2 Roket itu melintasi check point tentara YPG tepat di atas kepala mereka menuju ke Raqqa, ibu kota IS.

_85957928_russia2_syria_caspian_sea_624

Dalam di atas sangat jelas laju roket-roket Rusia melintasi 2 negara yaitu Iran, Irak dan terakhir ke menuju Raqqa, Suriah. Sangat wajar jika tentara YPG di selatan Suriah bisa melihat roket terbang melintas di atas mereka. Walaupun melintasi langit Iran dan Irak, sampai saat ini belum ada intervensi terhadap Rusia.

Laut Kaspia merupakan bagian zona maritim dari militer Rusia yang berlokasi di kota pelabuhan Astrakhan. Banyak tentara-tentara Rusia yang ditempatkan di sana, termasuk kapal perang. Di tahun 2011 angkatan laut Rusia yang bergerak di laut Kaspia setidaknya telah meningkatkan kekuatan militernya dengan mendapatkan 16 kapal perang.

Tahun 2014 negara-negara yang berdekatan dengan laut Kaspia yaitu Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, Azerbaijan dan Iran telah sepakat melarang ada aktivitas militer negara-negara non-kaspia. Mungkin karena telah ada kesepakatan ini, Rusia bebas melakukan serangan dari laut Kaspia.

Datangnya Rusia ke Suriah juga disambut oleh FSA dan YPG, bahkan FSA meminta secara terang-terangan bantuan untuk mengalahkan IS. Mereka mengatakan kami meminta bantuan ke Rusia untuk mau mempersenjatai kami untuk berperang melawan IS. Dan mau bekerjasama menyerang IS dari udara dan darat, kami siap untuk itu.

Sepertinya permintaan FSA tidak mungkin dikabulkan Rusia, karena fokus Rusia saat ini adalah membantu pemerintah Suriah melawan pemberontak. Bahkan FSA dikalangan tentara-tentara IS terkenal sebagai penjual senjata yang baik, maksudnya senjata-senjata yang mereka dapatkan dari Amerika atau negara lain sering dijual ke IS dengan harga murah.

Di Mesir, walaupun pemerintahan al-Sisi didukung oleh Amerika, tetapi kali ini Mesir berseberangan pendapat dengan Amerika soal aktivitas Rusia di Suriah. Menteri luar negeri Mesir Sameh Shoukry mengatakan masuknya Rusia ke Suriah akan memberikan perubahan besar dan mampu mengalahkan dan memberantas teroris di Suriah.

Seperti yang diketahui Mesir juga mendapatkan ancaman dari IS yang beroperasi di wilayah Sinai. Beberapa bulan lalu militer mesir harus kehilangan tentaranya yang diserang IS dan kapal perang Mesir juga pernah dihantam roket IS di laut Medeterania.

Dinar dirham fulus

1444236536321

Di Turki, Rabu 7 Oktober 2015 polisi setempat menangkap 6 tersangka kelompok IS di Gaziantep yang lokasinya dekat dengan perbatasan Suriah. Mereka menjadi tersangka karena membantu IS dalam membuat cetakan koin dinar dirham, mata uang IS. Itu berarti kemungkinan IS memasok alat cetak koin dinar dirham dari Turki. Terlihat dengan jelas desain dan patternnya sama dengan mata uang IS.

1444236499456

Senin Senin 31 September 2015 IS telah membuat video berjudul “The Rise of the Khilafah, Return of the Gold Dinar”, yang menceritakan tentang upaya IS untuk mengganti uang kertas ke uang emas sebagai alat jual beli. Kami sudah menjelaskan ulasan video itu dalam artikel “Ulasan Video Propaganda IS/ISIS ‘Return of the Gold Dinar’

Di Raqqa, IS menyebarkan selembaran yang berisi peringatan tidak boleh menggunakan uang Syria Pound, uang kertas Suriah, untuk bertransaksi. Selebaran itu ditempel-tempel di tempat strategis dan di depan toko. Semua ditransaksi diwajibkan menggunakan Dinar, Dirham dan Fulus. Sepertinya IS telah siap dengan uang emas mereka, toh jika saja negara Suriah berakhir justru pemilik uang Syria Pound akan merugi.

Strategi perang IS terungkap

Dalam video propaganda IS lainnya yang berjudul “Sekarang, Baru Saja Tiba Waktunya Untuk Berperang”, terlihat tentara IS menggunakan drone untuk mengintai keberadaan musuh sebelum melakukan penyerangan masal. Video ini banyak menceritakan strategi-strategi IS berperang melawan tentara Irak di gurun-gurun wilayah Kirkuk. Bagaimana IS bisa menggunakan lebih dari 5 bom mobil untuk menyerang barak-barak militer tentara Irak hingga akhirnya dikuasai.

Kirkuk adalah salah satu kota yang paling diperebutkan oleh tentara Irak, Peshmerga dan IS, tempatnya yang strategi karena dapat memutuskan bantuan dari 3 tempat strategis, yaitu Baghdad, Mosul dan wilayah Kurdistan.

Penelitian terbaru menjelaskan bahwa IS setiap bulannya mampu memproduksi 900 propaganda, baik berbentuk pemberitahuan, video, audio, gambar dan lain-lain. Untuk skala negara yang baru berdiri IS bisa mempunyai divisi media informasi skala industri. Setengah dari 900 propaganda IS, 469 diantaranya menjelaskan kehidupan penduduk di wilayah-wilayah yang dikuasainya.

Advertisements

1 Response to “Kapal Perang Rusia mulai Menggempur Pemberontak Suriah”



  1. 1 cyber-protection-tips.cabanova.com Trackback on December 5, 2016 at 3:00 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s