Kondisi Perang Suriah terkini Oktober 2015

Perang-suriah

Perang Suriah telah memulai babak baru dengan datangnya raksasa dunia, Rusia. Rusia datang untuk membantu pemerintah Suriah dan memposisikan dirinya sebagai pro presiden Bashar al-Assad. Sejak awal, Rusia sudah memposisikan dirinya sebagai pro pemerintah Suriah, dengan memberikan persenjataan militer untuk SAA (Syrian Arab Army).

Bulan September 2015 parlemen Rusia telah menyetujui militer untuk melakukan serangan udara di Suriah. Juru bicara pemerintah Rusia mengatakan aksi itu dilakukan untuk meredam aksi IS (Islamic State) yang telah berhasil merekrut ribuan warga Rusia. Selain itu presiden Suriah, Bashar al-Assad telah mengajukan permintaan resmi terhadap Rusia untuk membantu Suriah melawan pasukan pemberontak.

Melihat geliat Rusia akan melakukan aksi militer di Suriah, Amerika khawatir rencana itu akan membuat masalah Suriah semakin rumit. Datangnya tentara-tentara Rusia ke Suriah akan memicu gelombang mujahid-mujahid seluruh dunia untuk datang ke Suriah. Selain itu Amerika juga beranggapan Rusia hanya ingin mendirikan basis militer di Timur Tengah.

Tapi tuduhan itu Amerika itu ditampik oleh pemerintah Rusia, bahwa aksi militer mereka murni sebagai bentuk mengatasi ancaman keamanan nasional Rusia oleh IS. Seperti yang diketahui di wilayah utara Rusia, Kaukasus, IS telah berhasil membentuk cabang kelompok jihad pada Juni 2015 lalu, dan wilayah yang dikuasainya disebut wilayat Qawqaz. Walaupun masih gerilya di hutan-hutan tapi melihat perang di Irak, IS bisa menguasai Mosul dan Ramadi berawal dari hidup di gurun-gurun.

Peta kekuasaan di Suriah

180 km persegi luas wilayah Suriah kini dikuasai 4 kekuatan besar, yaitu pemerintah Suriah, IS, YPG dan kelompok-kelompok pemberontak. Wilayah barat dikuasai oleh pemerintah Suriah, wilayah Selatan dikuasai pemberontak kurdi (YPG), beberapa wilayah dikuasai oleh pemberontak dan IS menguasai sebagian besar wilayah Suriah (walaupun didominasi gurun-gurun).

peta-konflik-suriah

Pemerintah Suriah masih menguasai kota-kota penting di Suriah yang bersebelahan dengan laut Medeterania. Berkuasanya pemerintah Suriah di kota-kota itu memberikan keuntungan dengan memudahkan berlabuhnya kapal-kapal Rusia di Suriah. Karena itulah Rusia menempati beberapa wilayah di Latakia dan Tartous yang mempunyai akses pelabuhan. Sedangkan pesawat-pesawat tempur Rusia berada di lapangan terbang Bassel al-Assad dan beberapa di lapangan terbang internasional Damaskus.

Kelompok pemberontak seperti IF (Islamic Front), JN dan lain-lain menguasai sebagian besar provinsi Idlib. 9 September 2015 kelompok jihad JN berhasil menguasai pangkalan militer Abu Duhur di Idlib. JN memanfaatkan badai gurun untuk melakukan serangan yang membuat pesawat tempur pemerintah Suriah tidak bisa melihat kondisi lapangan, setelah 2 tahun pengepungan akhirnya Abu Duhur jatuh. 56 tentara Suriah dikesekusi di lapangan udara.

CPPzC9TWIAA1dhR

Provinsi Idlib jatuh bulan Maret 2015 oleh pasukan gabungan Jaysh al-Fateh, Jaysh al-Fateh adalah pasukan gabungan dari 8 kelompok pemberontak dan JN termasuk di antaranya. Sekarang Idlib jatuh ke tangan kelompok moderat yang menginginkan demokrasi, sampai saat ini saya masih bingung siapa yang mengendalikan pemerintahan di Idlib, tapi saya menduga itu IF.

Jatuhnya provinsi Idlib di tangan pemberontak merupakan pukulan telak bagi pemerintah Suriah, karena Idlib adalah provinsi ke dua yang jatuh, sebelumnya Raqqa jatuh ke tangan IS Maret 2013.

YPG menguasai wilayah selatan Suriah yang berbatasan dengan Turki, YPG adalah kelompok pemberontak Kurdi berideologi komunis sejak lama telah bertempur dengan pemerintah Suriah, bahkan sebelum perang Suriah terjadi di tahun 2011. Ketika perang Suriah pecah, YPG mengambil keuntungan dan mendapatkan wilayah di selatan Suriah Kobani, al-Qamishli dan Afrin. Tujuan YPG adalah membentuk negara kurdi Rojava seperti yang saudaranya di Irak yang telah berhasil mendirikan negara Kurdistan.

Saya telah mengupas tuntas YPG yang bisa dibaca di artikel Perbedaan YPG, PKK, dan Peshmerga.

YPG menjadi terkenal sejak IS melakukan serangan di kota Kobane, pada tahun 2014. Serangan bertubi-tubi sempat membuat YPG terjepit tapi bantuan serangan udara Amerika berhasil memukul mundur IS dari wilayah Kobane. IS beralasan mundurnya tentara mereka karena di Kobane tak ada lagi tempat untuk berlindung karena sebagian besar bangunan kota telah rata dengan tanah karena serangan udara.

IS berhasil mendapatkan sebagian besar wilayah di Suriah, walaupun serangan udara bertubi-tubi menghantam wilayah IS. Tapi Mei 2015 IS mampu mendapatkan kota kuno Palmyra, Suriah. Selain di Suriah, wilayah IS mencakup wilayah Irak termasuk Mosul dan Ramadi.

Serangan udara

Serangan udara merupakan mesin pembunuh bagi rakyat Suriah, sejak awal perang pemerintah Suriah sudah menggunakan bom tong untuk membantai rakyatnya sendiri. Homs dan Aleppo menjadi bukti nyata hancurnya Suriah karena serangan bom tong. Seringkali angkatan udara Suriah menjatuhkan bom tong di pasar-pasar dan rumah-rumah dengan dalih tempat persembunyian pasukan pemberontak, justru bom itu banyak membunuh rakyat sipil.

September 2014 Amerika ikut terlibat perang Suriah, Amerika membentuk pasukan koalisi terdiri dari negara-negara Eropa dan Arab untuk menghentikan laju IS di Suriah. Setelah 1 tahun berjalan, serangan udara yang menghabiskan $3.21 billion hanya menyusutkan 9% wilayah IS. Pilot Yordania Muath al-Kaseasbeh menjadi korban pertama pasukan koalisi melawan IS, yang harus berakhir dengan dibakar hidup-hidup dan ditimbun di reruntuhan beton oleh IS.

serangan-udara

Sebagian besar serangan udara Amerika di jatuhkan di Kobane dan Raqqa, Agustus 2015 Amerika telah menjatuhkan 6.000 bom ke wilayah IS dan terus bertambah sampai sekarang.

September 2015 Rusia datang dan ikut berperang di Suriah, dengan persenjataan modern Rusia membantu pemerintah Suriah melawan kelompok pemberontak. Provinsi Idlib menjadi korban pertama serangan udara pesawat tempur Rusia. Pesawat tempur SU-24 Frogfoot ditempatkan dan diterbangkan dari lapangan udara internasional Bassel al-Assad di Latakia. Dengan ditempatkannya pesawat itu di sana, memungkinkan Rusia mampu melakukan serangan udara meliputi wilayah Deir Ez Zour, Israel, Yordania, Turki dan Irak.

Tentara Asing

Tak bisa dipungkiri Suriah menjadi magnet bagi tentara-tentara asing, terutama tentara asing muslim yang ingin berjihad di Suriah. Konflik yang tak kunjung usai membuat semakin banyak tentara-tentara asing yang ikut bertempur, dengan alasan Jihad, tentara bayaran, atau hanya ingin melawan IS.

tentara-is

Tapi fakta membuktikan sebagian warga asing yang datang ke Suriah justru banyak bergabung dengan IS. Pihak Amerika mengumumkan jika 28.000 orang asing dari 100 negara telah bergabung dengan IS, dan 250 warga negara Amerika bergabung dengan IS. Untuk mengatasi itu pihak Amerika membentuk pejuang anti-IS, rencananya setiap tahun 5.000 pejuang akan dibentuk. Tapi sampai saat ini Amerika hanya mampu membentuk 75 pejuang, Amerika kesulitan karena tidak ingin pejuang yang telah dilatihnya nanti akan membelot ke IS. Karena itulah Amerika menyeleksi ketat pejuang yang akan direkrut.

Celakanya 75 pejuang yang terbentuk dalam divisi 30 itu berhasil dihantam oleh JN dan persenjataan mereka berhasil direbut pada Juli 2015.

***

Kondisi terbaru saat ini Cina akan ikut terlibat dalam perang Suriah, Senator Rusia Igor Morozov mengkonfirmasi pemberitaan itu dan mengatakan, “Cina telah bergabung dengan kami dalam operasi militer di Suriah, kapal induk Cina telah memasuki laut Medeterania”.

Rencananya serangan udara Cina akan membantu pergerakan tentara-tentara Rusia di darat.

Pada bulan Mei 2015 kapal Rusia dan Cina telah melakukan latihan militer bersama di Eropa. Akhir September ini kapal kargo Cina melewati terusan Suez membawa perlengkapan militer. Berangkat dari Shanghai pada bulan Februari dan berlabuh di Tartous.

Advertisements

0 Responses to “Kondisi Perang Suriah terkini Oktober 2015”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s