Diantara Pengungsi Suriah ada Tentara-Tentara Assad

Gelombang pengungsi Suriah akibat konflik berkepanjangan menjadi headline media-media, apa lagi setelah tersebarnya foto Aylan yang terbaring kaku di pinggir pantai membuat gempar dunia. Tapi kali ini saya tidak membahas masalah Aylan atau pengungsi yang dijegal wartawati, tapi lebih fokus banyaknya tentara-tentara Assad yang mengungsi ke Eropa.

Seperti yang kita ketahui bagaimana tentara-tentara Assad (SAA) membantai rakyat Suriah sejak arab spring terjadi tahun 2011 lalu. Hanya karena rakyat menginginkan presiden Bashar al-Assad turun, rakyat harus menghadapi barisan tentara Syiah yang di-backup Iran dan Rusia. Bahkan sampai detik ini, pilot-pilot (SAA) masih menjatuhkan bom tong yang dapat menghancurkan rumah susun dan menargetkan pasar-pasar.

Beberapa hari ini di Twitter saya banyak menemukan foto-foto tentara-tentara Assad, Irak dan Kurdi ikut dalam gelombang pengungsi ke Eropa, karena Jerman mau menerima pengungsi. Entah apa tujuan Jerman, analisis saya ekonomi Jerman yang sedang di top performa dan membutuhkan pekerja-pekerja dari timur tengah yang bisa dibayar murah, untuk ikut membangun ekonomi Jerman.

Seperti dahulu ketika perang dunia II selesai dengan berakhirnya kejayaan Nazi, Eropa hancur lebur dan jutaan rakyat Eropa tewas. Untuk membangun ekonomi Eropa lagi, mereka mengundang pekerja-pekerja dari Arab dan Afrika untuk membangun infrastruktur. Setelah Eropa pulih, pekerja-pekerja itu banyak yang sudah mempunyai keluarga diberikan kewarganegaraan oleh pemerintah setempat.

Kembali ke masalah pengungsi Eropa, berikut ini gambar-gambar yang aku dapat dari internet terutama di Twitter dimana banyak tentara-tentara Assad ikut dalam gelombang pengungsi. Maaf kalau kualitas gambar kurang jelas, karena lagi males screenshot hehehe.

Sebelumnya saya minta dikoreksi jika ada salah dalam penyampaian foto di atas, saya akan mengoreksinya jika memang salah. Agar terhindar dari pemberitaan HOAX seperti tentara IS yang mengungsi ke Suriah.

Ternyata tentara pembantai rakyat Suriah yang garang di lapangan sekarang nyalinya ciut dan ikut mengungsi ke Eropa, untuk cuci tangan dari kejahatan setelah membantai rakyat Suriah. Entah kenapa mereka lari ke Eropa (selain faktor Jerman yang membuka pintu perbatasan), padahal Iran dan Rusia jelas mem-backup mereka dari segi pendanaan dan perlengkapan militer.

Memungkinkan masih banyak tentara-tentara Assad yang ikut dalam gelombang dengan menyamar sebagai Sipil.

Nasehat saya kepada Eropa.

Saya hanya mengingatkan kepada Eropa, tentara-tentara Syiah Assad jangan diijinkan masuk karena mereka setelah beranak pinak akan membuat makar dan menyebarkan agama sesat Syiah ke Eropa. Hal itu dinilai dari hancurnya negara-negara setelah Syiah berkuasa, contoh nyata Irak dan Suriah yang dilanda perang, Lebanon yang mungkin akan terseret dalam konflik arab spring. Di Lebanon masalah sampah sedang meruncing dan banyak orang Gay yang hidup di sana.

Kenapa hanya Syiah? Bagaimana dengan IS yang ikut memperkeruh suasana? IS itu bukan sebab tapi akibat, karena negara sedang berkonflik mereka datang, contoh di Irak (tempat kelahiran IS), ISI terbentuk karena Amerika menginvasi Irak dan membentuk pemerintah boneka Syiah. Di Suriah, IS datang setelah SAA dan FSA berkonflik tak kunjung usai. Di Libya, IS terbentuk karena pasca Amerika menyerang Libya konflik perebutan kekuasaan tidak kunjung usai. Di Mesir, IS terbentuk karena Ikhawanul Muslimin gagal menegakkan syariat Islam diawali dikudeta presiden Morsi oleh al-Sisi.

Kelompok-kelompok yang berperang di Suriah.

Akibat dari perang muncullah kelompok-kelompok yang ingin menggulingkan Assad, seperti FSA. Konflik tak kunjung usai, umat Islam yang haus akan mati syahid berbondong-bondong datang ke Suriah untuk membantu saudaranya yang tubuhnya tercerai berai karena bom dan menjaga kehormatan wanita muslim maka terbentuklah Jabhat al-Nusrah (JN) yang banyak berisi tentara-tentara dari luar negeri.

Islamic Front (IF) dibentuk dan didanai negara-negara kaya timur tengah seperti Arab Saudi, Qatar dan UEA. Terakhir muncullah kelompok ISIS (Islamic State Iraq and Syria) setelah bergabung dengan JN dan sekarang bertransformasi menjadi Islamic State (IS) pasca penaklukan Mosul, Irak, tahun 2014.

Selain mereka itu ada lagi kelompok Kurdi, YPG, yang berideologi komunis dimana telah mencaplok wilayah Utara Suriah. Sebenarnya YPG adalah musuh lama pemerintah Suriah yang ingin mendirikan negara Kurdi, seperti saudaranya di Irak yang berhasil membentuk negara Kurdistan, walaupun hadiah dari Amerika karena membantu menggulingkan Sadam Hussein.

Pecah!!!

Sudah 4 tahun negara Suriah dilanda konflik, antar kelompok saling jegal. SAA menginginkan Assad tetap memimpin Suriah, FSA ingin menggulingkan Assad, JN yang ingin mendirikan negara sendiri (ideologi Islam campur-campur), IF mengingkan negara Suriah baru di bawah demokrasi, YPG ingin mendirikan negara Kurdi dan IS yang menginginkan khilafah dengan hukum syariat Islamnya.

Konflik YPG dan IS pecah ketika JN berhasil merebut kota Raqqah dari tangan YPG, yang ditandai jatuhnya patung Assad di Raqqah. Setelah mendapatkan kota Raqqah, Abu Bakar Al-Baghdadi menginstruksikan menggabungkan JN dengan ISI (Islamic State of Iraq) dan membentuk ISIS. Mendengar perintah itu banyak tentara-tentara JN yang bergabung dengan ISIS, tapi ternyata Abu Muhammad Al-Jaulani membelot dan tetap berada dalam barisan JN.

Hubungan FSA dan IS pecah ketika FSA membunuh petinggi-petinggi ISIS setelah tentara-tentara ISIS menuju medan perang. FSA membuang bendera hitam ISIS dari atap markas dan menancapkan bendera Suriah (saya lupa itu terjadi di kota apa, yang aku ingat itu terjadi sebelum IS terbentuk 2013-2014). FSA menusuk ISIS dari belakang karena menilai ISIS anggotanya banyak dari luar Suriah, tak layak ikut campur tangan konflik Suriah. Akhirnya ISIS harus mundur dari perang dan mengusir FSA dari wilayah-wilayahnya dan membentuk pertahanan baru.

konflik-IS-dengan-IF

Entah sejak kapan konflik IF dengan IS pecah, yang jelas perbedaan ideologi antara mereka bagaikan air dan minyak, tak bisa disatukan. IF ingin mendirikan negara dengan sistem demokrasi sedangkan IS dengan syariat Islamnya. Sejak berdirinya ISI di Irak bisa dilihat bagaimana sikap IS dengan demokrasi. Menurut IS demokrasi haram karena yang boleh membuat hukum adalah Allah, sedangkan demokrasi bisa membuat hukum seenaknya lewat parlemen (DPR).

Puncaknya IF menembak secara brutal tentara-tentara IS menggunakan Shootgun tepat di kepalanya. Tapi IS mengatakan jika itu bukan tentaranya, tapi milisi-milisi yang tidak mau memerangi IS setelah diajak IF.

Pengungsi membludak karena Assad Terdesak?

Saat ini peta wilayah di Suriah terbagi menjadi 3, IS, SAA dan YPG. IS menguasai wilayah selatan, terbesar di Suriah, tapi didominasi gurun-gurun. Sedangkan SAA menguasai wilayah barat Suriah yang berbatasan dengan laut Medeterania. YPG menguasai wilayah utara Suriah perbatasan dengan Turki, itulah mengapa Turki membom wilayah YPG, karena YGP berafiliansi kepada PKK yang membuat rusuh di Turki.

peta-perang-suriah-2015

Bisa jadi (hanya analisis) gelombang pengungsi Suriah saat ini karena tentara Assad sudah terdesak. Juli 2015 presiden Assad berpidato, mengatakan jika saat ini Suriah kekurangan tentara menghadapi musuh-musuhnya yang terus mendesak. Terakhir Palmyra jatuh ke tangan IS dan Idlib jatuh ke tangan pasukan koalisi IF.

Sangat besar kemungkinan gelombang pengungsi saat ini menjadi awal sebagai jatuhnya negara Suriah, entah ditangan IS, IF atau YPG. Yang jelas konflik ini akan terus berlanjut dan akan berkembang lebih dahsyat, karena Rusia sekarang sedang memobilisasi kendaraan tempurnya lewat Selat Bosporus.

Advertisements

1 Response to “Diantara Pengungsi Suriah ada Tentara-Tentara Assad”



  1. 1 Kenapa IS/ISIS Menyembelih Tawanan? | Software Quality Assurance Indonesia Trackback on October 1, 2015 at 12:58 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s