Forex Riba, Aku Berhenti Investasi Di Forex

بسم الله الرحمن الرحيم

أشهد أن لا إله إلاَّ الله وأشهد أن محمد رسول الله

Setelah bergelut dengan Forex selama 3 tahun, akhirnya mulai hari ini 10 Agustus 2015 aku memutuskan berhenti investasi di Forex karena Forex termasuk perbuatan riba yang dilarang oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم. Sebenarnya kekawatiran ku terjadi saat Daulah Islam mengeluarkan mata uang dinar dan dirham sebagai mata uang, dan menghapuskan sistem uang riba yang saat ini meraja lela satu tahun lalu. Aku pun penasaran dan mengkaji ulang sistem investasi Forex termasuk riba atau tidak.

Sebelumnya saya berani investasi Forex karena berdasar dari fatwa MUI yang menghalalkan investasi Forex asal tidak melanggar beberapa point. Saya pun mengikuti fatwa itu dan berani berinvestasi di Forex. Mungkin keputusan saya meninggalkan Forex menyalahi MUI, walaupun saya lemah ilmu tapi saya memutuskan tidak mau lagi investasi di Forex.

Dasar saya berhenti investasi di Forex yaitu; pertama Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda “Riba itu terdiri dari 73 pintu. Pintu yang paling ringan seperti seorang laki-laki menikahi ibunya sendiri.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Hakim) Sungguh ini perkara besar, dan saya takut ini menimpa saya dan saya sekarang mencoba menghindarinya. Ke dua, Forex termasuk Riba Fadhl dimana 1 USD nilainya berbeda dengan GBP, IDR atau yang lainnya, sejenis tapi nilainya berbeda.

Oleh karena itulah aku meninggalkan Forex, ada alasan-alasan lain yang tidak bisa aku jelaskan karena keterbatasan ilmu ku. Jika pendapat ku ini tidak sependapat dengan anda, tolong jangan cela keputusan saya, saya hanya menghindari perkara riba di Forex yang abu-abu, saya akan kembali ke jual beli konvensional lebih menarik dan jelas kehalalannya, dan memulai bisnis online internet marketing lagi. Saya juga tidak melarang anda berinvestasi di Forex, silahkan kalau mau lanjut tapi saya harap anda punya hujjah yang jelas.

Untuk lebih jelasnya silahkan follow twitter Zaim Saidi yang fokus dan lebih berpengalaman membahas masalah riba. Terima kasih 🙂

0 Responses to “Forex Riba, Aku Berhenti Investasi Di Forex”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

