Sudahkah Toko Online Anda Berbadan Hukum?

Menarik nih karena sulit melihat mana toko online yang sudah berbadan hukum atau belum. Tulisan ini terinspirasi dari artikel berita kompas yang berjudul Bisnis e-commerce Sebaiknya Berbadan Hukum. Dengan alasan menghidari pajak, rumit dan biaya mahal ada beberapa pihak lupa untuk melegalkan usahanya.

Sebelum saya melaunching toko pancing online, saya sudah memegang legalitas usaha. Dengan nama UD Mantab Jaya, per 1 Juni 2011 nomor : 503 / 172 – PK / 401.303 / 2011. Dengan melegalkan usaha anda itu berarti anda mempermudah pemerintah untuk mendata jumlah pengusaha di Indonesia. Selain itu dengan melegalkan usaha anda, toko online anda lebih terpercaya dan berkopeten, serta jika anda ingin berhutang legalitas usaha sangat diperlukan (SIUP, TDP ,NPWP). Walaupun saat ini pengajuan proposal modal di bank blum diACC, padahal jaminannya 2 motor 😦

Menurut sumber berita kompas tadi, kalau e-commerce belum mensyaratkan sebuah perusahaan berbadan hukum untuk bisa menggunakannya tapi jika omset anda lebih dari 600 juta anda diwajibkan membayar berbadan hukum lho karena termasuk perusahaan kena pajak.

Tapi bagaimana mengurusnya? Gampang kok, anda datang ke dinas perijinan di kota anda. Nanti anda akan diterima dengan ramah dan penuh senyuman kok 😀 (Karena lokasi saya di Madiun jadi saya menguruhnya di dinas perijian kota madiun).

Setelah itu anda akan mendapatkan formulir dan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melegalkan usaha anda. Mulai dari Surat rekomendasi dari RT, Surat Keterangan Usaha di Kelurahan dan Kecamatan. Jika belum punya NPWP silahkan buat di kantor pajak di lokasi anda, gak dipungut biaya kok.

Habis uang berapa om? Ssst jangan bilang siapa-siapa, tahu sendiri Indonesia ada oknum pegawai pemerintahan yang korup. Ini estimasi biaya kurang lebih :

1. Mengurus NPWP : 0 (Kayaknya sejak kasus Gayus, Direktorat Jendral Pajak mulai bersih-bersih).
2. Mengurus surat rekomendasi RT : 0 (RT gue gitu lho, bebas korupsi).
3. Mengurus surat di Kelurahan : 20.000 (Kata mereka buat administrasi, halah preeet).
4. Meminta cap stempel kecamatan : 50.000 (WTF? Stempel pak Camat harganya 50.000).
5. Foto kopi dan lain-lain (Bensin, materai, makan minum) : 20.000
5. Mengumpulkan formulir dan syarat-syarat legalitas usaha ke dinas perijinan : 10.000 (Kata mereka sumbangan seiklasnya, kasihan mereka alih profesi sebagai peminta sumbangan)

Jadi total 100.000 dengan lama 14 hari, 7 hari untuk mengisi formulir dan memenuhi syarat-syarat serta 7 hari menunggu surat legalitas usaha anda jadi. Mudah dan cepatkan? Gak usah CV atau PT, UD aja gratis. Setahu saya mengurus CV di Madiun 5 juta, sedangkan PT 20 juta, tergantung kesepakatan notaris di daerah anda (notaris juga butuh uang bro).

Selain anda keuntungan yang saya sebutkan tadi (paragraf 2), dengan anda punya legalitas usaha domain co.id bisa anda dapatkan lho, karena syarat domain co.id adalah legalitas usaha. Ni contoh toko kompresor online saya domainnya co.id. Menarik bukan, AYO LEGALKAN USAHA ANDA!!!

Advertisements

0 Responses to “Sudahkah Toko Online Anda Berbadan Hukum?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s