Bagaimana Mendapatkan Domain co.id?

Domain co.id kian diminati sekarang ini terutama pebisnis online yang target marketnya adalah orang Indonesia. Dibandingkan dengan domain com, domain co.id lebih terpercaya dan lebih jelas badan hukumnya. Karena untuk mendapatkan domain co.id anda harus mempunyai legalitas usaha. Untuk mendapatkan legalitas usaha anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul Sudahkah Toko Online Anda Berbadan Hukum?

Karena itulah kenapa domain co.id lebih terpercaya dan jelas dibandingkan domain com. Jaminan hukum domain co.id berdasarkan pada UU NO. 11/2008 TENTANG ITE DAN PENDAFTARAN NAMA DOMAIN .ID yang berisikan (sumber pandi) :

I. Landasan Hukum UU no. 11/2008 Pasal 23

1. Ayat (1) setiap Penyelenggara Negara, Orang, Badan Hukum dan/atau masyarakat berhak memiliki Nama Domain berdasarkan prinsip pendaftar pertama.

2. Ayat (2) pemilikan dan penggunaan Nama Domain tersebut ayat (1) harus beriktikad baik, tidak melanggar prinsip persaingan usaha secara sehat dan tidak melanggar hak orang lain.

3. Ayat (3) setiap Peyelenggara Negara, Orang, Badan Hukum atau masyarakat yang dirugikan karena penggunaan nama domain tanpa hak, berhak mengajukan gugatan pembatalan Nama Domain dimaksud.

II. Syarat Dokumen Pendaftaran Nama Domain

Berlandaskan pada Pasal 23 UU no. 11/2008 tersebut di atas, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia menerapkan syarat dokumen dalam pendaftaran Nama Domain .id, yaitu

1. Dokumen status legalitas pelanggan sesuai nama domain peruntukkannya (SIUP/TDP/Akte Notaris/Surat Ijin Usaha Instansi lain untuk .co.id, SIUP Dirjen Postel untuk .net.id, Akte/SK Instansi terkait/SK Intern untuk .or.id, .ac.id dan .sch.id dsb).

2. Dokumen identitas pelanggan (KTP/SIM/Paspor).

III. Prinsip Kehati-hatian dalam klarifikasi syarat dokumen

Jika Pasal 23 ayat (1) memberikan hak kepada pelanggan untuk memiliki nama domain dengan prinsip pendaftar pertama, Pasal 23 ayat (2) memberikan amanah/kewajiban kepada Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, agar menerapkan prinsip kehati-hatian dalam klarifikasi syarat dokumen guna menjaga integritas dan reliabilitas/keterpercayaan nama domain .id.

Sehubungan dengan itu, selain dua syarat pokok tersebut di atas, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia memiliki kewajiban melakukan klarifikasi syarat dokumen tambahan, berupa surat pernyataan/keterangan/penjelasan jika dianggap perlu (dapat diisikan pada baris description form template pendaftaran).

Jakarta, Mei 2010.
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia

Sudah jelaskan kalau website berdomain co.id itu jelas-jelas legal, tak usah diragukan lagi. Karena semuanya telah terdaftar dan terkontrol oleh Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Jadi jika ada website domain co.id melakukan penipuan, pemilik website akan cepat terlacak dan ijin usahanya bisa dicabut seketika.

Karena ecommerce indonesia itu unik, seperti adanya beberapa pihak yang legalitas usahanya diragukan. Maka alangkah baiknya anda ikut memperbaiki citra ecommerce indonesia.

Udah ah basa basinya, sekarang bagaimana mendapatkan domain co.id untuk usaha anda.

1. Menurut Pasal 23 UU no. 11/2008 anda harus mempunyai 1 dari 4 syarat dokumen ini, SIUP/TDP/Akte Notaris/Surat Ijin Usaha Instansi lain untuk .co.id. Bagaimana saya mendapatkan dokumen-dokumen itu? Baca artikel ini Toko Online Anda Berbadan Hukum?
2. Setelah dokumen lengkap, silahkan anda mendaftarkanya di Pandi. Kenapa harus Pandi? Karena Pandi adalah Pengelola Nama Domain Internet Indonesia, itu adalah badan usaha milik negara yang ditugaskan untuk mengelola nama domain di Indonesia seperti co.id, web.id, or.id, go.id, ac.id, sch.id dll.

Biaya domain co.id di Pandi cuma 100.000, dibandingkan dengan jasa hosting / domain ditempat lain menarik biaya rata-rata 120.000. 1 lagi keuntungan menggunakan domain co.id karena keyword-keyword yang tinggi hasil pencariaanya belum banyak digunakan. Gimana menarikkan?

Advertisements

0 Responses to “Bagaimana Mendapatkan Domain co.id?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s