Rokok Membuat Teman Mati Muda

Hari Senin kemarin (3 Agustus 2015) aku dibangunkan oleh telpon yang berdering dan mendapatkan berita menyedihkan jika D meninggal. Kaget tak percaya karena lebaran kemarin masih sempat ngobrol soal batu akik yang lagi booming di kota madiun, kebetulan D juga penghobi akik. Setelah mandi bergegas aku kesana untuk melayat, mensholati dan mengkuburkan jenasah.

Karena kematiannya begitu mendadak, aku penasaran “penyakit” apa yang membuat dia meninggal, ternyata D meninggal karena serangan jantung. Klo gitu wajar jika meninggal mendadak, karena D adalah perokok aktif. Masih ingat waktu kuliah dulu, D pernah masuk rumah sakit dan dioperasi di Surabaya untuk dipasang ring di jantungnya yang menghabiskan dana Rp. 80.000.000, harga yang mahal akibat rokok Rp. 15.000.

Tahun 2014 seorang teman juga meninggal mendadak, sebut saja Y. Y adalah teman ku sejak kecil, walaupun umurnya lebih tua 3 tahun dibanding aku tapi kita sangat akrab, terutama dengan kakak ku. Y juga perokok aktif, bujang, dimana ketika masuk kamarnya aku mendapati asbak penuh dengan abu rokok dan putung rokok.

Ketika itu pagi hari, Y berangkat kerja, seperti biasa Y lewat rumah ku dan mampir dulu untuk ngopi, karena ngopi di pagi hari sambil ngobrol dengan sahabat rasanya tidak ada bandingnya. Seperti biasa Y ngopi sambil ngerokok, dia tidak tau itu adalah kopi terakhir kalinya. Setelah selesai ngopi, Y berangkat kerja menuju dealer Suzuki karena dia montir handal.

Sore harinya, Y main ke rumah mencari kakak ku ngobrol sampai Mahgrib di Gardu samping rumah ku. Kakak ku yang kebetulan perokok aktif, dia merokok, tapi anehnya Y bilang ke kakak ku jika bau asap rokoknya gak enak. Aneh karena sebagai perokok dia kok sadar klo baru asap rokok itu gak enak, aku saja klo menghirup asap rokok kepala ku puyeng dan mau muntah. Kakak ku pun membuang rokokknya, dia melihat wajah Y pucat penuh keringat, kakak ku menyuruh pulang. Sebelum pulang dia masuk rumah ku minta air putih.

Setelah minum Y pulang ke rumah, karena merasa badan tak enak ia minta dikeroki badannya. Dengan posisi tengkurap, temannya mengkeroki punggungnya, baru dapat 1/2 kerokan di badannya tiba-tiba terdengar suara ngorok. Groooooooook dan mulut berbusa, sontak temannya kaget dan dibawa kerumah sakit.

Sebelum Isya’, saat itu waktu aku asik ngegame di depan laptop, tetangga Y masuk rumah ku dengan terburu-buru membawa kabar kalo Y meninggal dunia. Aku kaget karena sebelum mahgrib tadi masih minta minum air putih di rumah ku, aku tanya “Tabrakan dimana?” dia jawab gak tabrakan. Langsung aku segera menuju rumahnya yang berjarak 100 meter dari rumah ku dan ternyata memang benar mendapati dia telah meninggal dunia.

Banyak spekulasi soal kematian dia, karena konflik keluarga dimana ada seseorang mengirim santet, ada lagi yang bilang karena angin duduk, karena salah ngerok dan lain-lain. Tapi menurut pendapatkan dia terkena serangan jantung, akibat rokok yang dikonsumsinya setiap hari. Bahkan Y seperti pemuja rokok, klo gak ngerokok gak enak. Kalau sudah meninggal begini siapa yang susah? 1 minggu lagi Y berencana ijab kabul di KUA, rencana gagal karena dia telah meninggalkan dunia ini.

Teman-teman ku, apasih yang kamu dapat dari rokok? Rokok itu menipu otak mu, membuat indra penciuman mu mati tidak merasakan bau tidak enak rokok. Rokok menghabiskan uang mu setiap bulan, yang seharusnya bisa buat beli es buah terpaksa kamu bakar tak berguna. Buang rokok mu saudara ku! Banyak kok yang bisa lepas dari rokok, berusahalah 🙂

Advertisements

0 Responses to “Rokok Membuat Teman Mati Muda”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s