Perbedaan YPG, PKK, dan Peshmerga

Menarik menyimak perang di timur tengah terutama di Syria, walaupun sedih karena konflik tidak segera usai karena banyaknya pihak-pihak yang bekonflik di sana. Salah satu pihak yang aktif berperang di sana adalah milisi Kurdi, mereka adalah suku Kurdi yang ingin mendapatkan keuntungan dari perang Syria untuk menciptakan negara kurdi di Syria. Sebenarnya mereka telah berhasil mendirikan negara de facto di Iraq yang bernama Iraqi Kurdistan yang menguasai 1/3 negara Iraq. Tapi mereka mengingikan lebih dari itu, mereka ingin menguasai wilayah yang dulu nenek moyang mereka kuasai, yaitu pegunungan di Turkey dan Syria, yang dihancurkan oleh tentara Crusades (salib) di abad ke 11.

Beberapa minggu belakangan ini (22 Juli 2015 – 28 juli 2015) berita tentang perang di Syria di dominasi aksi Turkey yang menggempur basis-basis PKK dan YPG dengan bom-bom dari jet-jet tempur. Hal ini berawal dari bom meledak yang menargetkan aksi demo kurdi di Turkey tanggal 22 Juli 2015 lalu. Simpang siurnya berita siapa pelaku membuat terjadinya aksi demonstrasi di beberapa wilayah di Turkey dan selalu berakhir ricuh, bahkan ada polisi Turkey yang dibunuh. Turkey mengatakan pelaku bom adalah dari kelompok mereka sendiri yang berdemo membawa bom dan entah kenapa meledak. Kelompok Kurdi menuduh IS (Islamic State) pelakunya dan Turkey mencoba menutupi fakta itu, tapi IS juga tidak mengclaim bom yang meledak di Turkey itu dari kelompoknya.

Kenapa sebelumnya saya katakan “menarik“, konflik antara IS, Turkey, PKK, YPG, JN, FSA, SAA dan Peshmerga menciptakan hubungan yang manarik kadang seperti berteman tapi esoknya berantem. PKK, YPG dan SAA menuduh IS bentukan Turkey tapi 24 Jul 2015 mereka bentrok, bahkan Turkey sempat membombardir 3 wilayah IS di Syria. Tapi ketika IS menyerang Kobane tahun 2014 lalu, Turkey mengijinkan pasukan bantuan Peshmerga untuk melewati wilayahnya agar bisa membantu YPG yang diserang habis-habisan. Pertemanan yang aneh.

***

Kembali ke topik utama, apa perbedaan antara YPG, PKK dan Pershmerga karena membingungkan, sama-sama Kurdi tapi punya kelompok-kelompok yang berbeda. Tapi silahkan simak kultweet berikut ini yang saya temukan di internet;

YPG (People’s Defense Units) adalah angkatan bersenjata bentukan partai YPD (Democratic Union Party) di Rojava.

YPD adalah salah satu partai oposisi kurdi di Syria yang berideologi demokrasi tetapi dilarang karena partai politik dilarang membawa nama etnis dan agama. Kerena partai ini berafiliansi dengan PKK (musuh Turkey), Turkey menetapkan YPD sebagai organisasi teroris, begitu juga NATO dan US. Saat Syria bergejolak tahun 2011, YPD memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat negara de facto, dan pertengahan tahun 2012 YPD berkuasa di Amuda, Derik, Kobani dan Afrin yang perbatasan dengan Turkey. Setelah menguasainya mereka membentuk negara de facto yang bernama Rojava.

Gambar di atas adalah wilayah yang dikuasai YPG Juni 2015 yang di sebut Rojava. Karena berbatasan langsung dengan wilayah Turkey membuat pemerintah Turkey was-was, jika lengah bisa-bisa api peperangan di Syria bisa menjalar ke Turkey.

PKK adalah organisasi partai berideologi komunis yang berlokasi di wilayah Turkey, sejak 1984 sampai sekarang mereka berjuang untuk mendirikan negara kurdi dengan melawan pemerintah Turkey. Bulan Juli 2014 mereka membunuh 2 polisi Turkey yang membuat pemerintah Turkey marah dan mengebom basis-basis wilayah PKK. Wilayah PKK di gunung-gunung dan bukit-bukit karena belum mempunyai wilayah di Turkey.

Walaupun berideologi komunis, mereka tetap berhubungan dengan YPD (demokrasi) dan negara de facto Iraqi Kurdistan di Iraq.

Seperti YPD, PKK juga mempunyai tentara yang disebut HPG (People’s Defence Force) tapi namanya seperti kurang familiar di telinga karena media selalu menyebut PKK.

Peshmerga adalah tentara bersenjata yang dibentuk Iraqi Kurdistan di Iraq, karena mempunyai peran penting dalam menumbangkan Saddam Husein mereka mendapatkan wilayah di timur Iraq.

Ketika penyerangan IS ke Kobane, YPG mendapatkan bantuan pasukan Peshmerga yang memasuki wilayah Turkey. Ini lucu karena Turkey menginjinkan Peshmerga lewat wilayahnya yang ingin YPG dimana YPG adalah musuh Turkey.

***

US telah berhasil mengajak Turkey melawan IS, tapi Turkey malah membombardir PKK yang notabene adalah kawan YPG dan Iraqi Kurdistan yang pernah dibantu US saat IS menyerang mereka. Inilah kenapa koalisi US aku sebut koalisi konyol.

***

Berikut tadi penjelasan singkat tentang perbedaan Perbedaan YPG, PKK, dan Peshmerga, walaupun berbeda nama tujuan mereka satu yaitu mendirikan negara Kurdi raya yang wilayahnya mencakup Iran, Iraq, Syria dan Turkey. Sepertinya kurdi harus berjuang keras untuk mewujudkannya karena melawan 4 negara besar sekaligus membutuhkan sumber daya yang banyak.

Semoga artikel ini dapat membantu anda mengetahui perbedaan mendasar mereka dan menambah wawasan perang timur tengah yang sangat komplek, bahkan untuk mengerti alur ceritanya harus belajar mendalami sejarah mereka. Saya juga telah menulis tentang perbedaan Perbedaan ISIS, ISIL dan IS yang bisa anda baca juga.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s