Rencana Kerja Usaha “Wholesaler” Beras di Sidoarjo

بسم الله الرحمن الرحيم

Ini adalah agenda atau rencana kerja yang kususun untuk usaha baru ku menjadi wholesaler beras wilayah Sidoarjo, setelah sekian lama fakum dalam bisnis. Sekarang aku mulai optimis lagi membangun kejayaan usaha beras di Sidoarjo, doain ya!

Saya akan menggunakan metode brainstroming dengan memberikan pertanyaan kepada diri saya sendiri dan menjawabnya agar mudah dimengerti.

Dimana kamu berbisnis?

Bisnis baru akan bekerja di Sidoarjo, salah satu kota besar di wilayah propinsi Jawa Timur yang menjadi sentara industri. Sidoarjo adalah salah satu kota paling strategis untuk memulai usaha baru terutama kebutuhan pokok, karena apa? Sidoarjo adalah kota pabrik, ya hampir setiap mata memandang anda akan menemukan pabrik-pabrik bersekala besar maupun kecil di sana. Dengan demikian banyak pendatang dari penjuru Indonesia untuk bekerja menjadi buruh pabrik, mereka membangun keluarga di sana, keluarga butuh pangan dan kami akan memenuhi kebutuhan utama mereka yaitu beras.

Pabrik yang terbesar dan terkenal di sana adalah Maspion, Polygon, Avian dan lain-lain yang dapat menampung ribuan orang bekerja di pabrik tersebut, jika anda pernah ke sana ketika jam pulang kerja, anda akan mendapati ribuan orang keluar dari pabrik seperti tidak ada habis-habisnya dan memacetkan jalan raya. Jika 1 pabrik saja mempunyai ribuan karyawan bagaimana dengan ratusan pabrik yang didirikan di wilayah Sidoarjo. Mereka adalah calon konsumen kami.

Apakah kamu sudah punya tempat?

Sudah, di wilayah Buduran desa Wadungasih. Tempat yang sangat strategis dalam memulai bisnis, bahkan kami sudah membangun gudang besar di sana dan siap untuk menampung berton-ton besar untuk dipasarkan di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Buduran adalah salah satu sentara industri padat di wilayah Sidoarjo, setiap jengkal tanah penuh dengan rumah dan kos-kosan untuk tempat tinggal. Dan di desa Wadungasih, kurang lebih ada 10 pabrik besar yang berdiri di sana, pabrik Avian, Polygon, Maspion, Bernady bahkan pabrik sekala kecil seperti pabrik kabel dan jamu.

Selain itu banyak bisnis sekala kecil seperti toko yang bisa menjadikan partner bisnis agar mereka mengambil beras dari kami dan tidak perlu jauh-jauh ke pasar atau ke Surabaya hanya untuk membeli beberapa sak beras. Membeli kebutuhan pokok ke Surabaya akan memakan waktu dan biaya yang banyak, juga tidak aman dan macet. Beberapa kali kejadian oknum tukang parkir yang tidak amanah, membantu mencuri barang dagangan di dalam mobil. Dengan bekerja sama dengan kami waktu bermacet-macet di jalanan Surabaya bisa dipotong dan anggaran tidak membengkak sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Peralatan apa yang sudah siap dan belum dipersiapkam?

Di dalam gudang baru tatakan beras, stempel, motor, laptop dan listrik sudah siap sedia. Sedangkan meja, mobil, website dan lain-lain yang belum terpikirkan.

Apa kamu berencana membuat bisnis online?

Ya sudah pasti karena basic saya adalah internet marketing saya memahami seluk beluknya, dari membuat website, SEO, dan social media marketing. Saya sudah berencana membuat website dengan domain berasssidoarjo.com dan hosting seharga Rp. 250.000. Selain itu saya siap membeli theme WordPress model portofolio seharga $43 di themeforest.com yang bernama Milo. Alamat email berassidoarjo@gmail.com sudah aku buat, facebook page Butir Beras Distributor sudah beras dan untuk Twitter masih belum karena terkendala verifikasi handphone.

Mempunyai website yang menarik dan profesional akan membuat calon pelanggan melihat bisnis kita tidak main-main dan dikerjakan secara profesional. Menfaatkan ilmu yang pernah saya pelajari tentang SEO akan membantu website kita mendapatkan pengunjung lewat mesin pencari Google. Banyak jasa SEO yang bisa kami sewa untuk membuat website kita bisa menduduki peringkat pertama dan juga bisa memanfaatkan iklan berbayar Google. Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk ini Rp. 1.000.000.

Facebook fan page juga kami manfaatkan untuk mengunci calon konsumen kita agar bisa tetap selalu berhubungan dengan mereka melalui fan page. Kami juga akan memanfaatkan iklan berbayar Facebook untuk menjaring calon konsumen baru, yang leibh dikenal dengan social media marketing.

Twitter hanya sebagai pelengkap saja, kami belum begitu mengerti soal beriklan di Twitter.

Melihat apa yang akan kami lakukan ke depan lewat internet, kurang lebih biaya yang akan kami keluarkan sebesar Rp. 2.000.000 untuk domain, hosting, theme WordPress dan biaya iklan di social media.

Bagaimana cara anda promosi offline?

Promosi offline adalah bagian penting dari marketing untuk mencari konsumen secara langsung / face to face. Salah satu strategi yang akan saya lakukan secara terus menerus adalah mendatangi toko-toko untuk menawarkan produk kami sehingga mau mengambil beras ke kami tidak lagi ke tempat lain. Setiap hari saya akan berkeliling Sidoarjo menarwarkan produk saya, minimal 10 toko / harinya kami tawarkan produk kami.

Selain itu setiap bulan kami akan mengadakan operasi pasar beras murah di wilayah-wilayah Sidoarjo, selain membantu kami menjual beras dengan cepat juga akan menarik konsumen baru di setiap acara operasi pasar.

Teknik marketing lainnya, kami akan membuat 100 kaos dengan desain menarik yang akan kami berikan kepada pelanggan baru atau setia, sehingga ketika mereka memakai kaos itu akan menjadi iklan jalan gratis. Setiap orang yang melihat baju itu akan menjadi calon konsumen kami.

Strategi kerja sama bisnis anda?

Demi efisensi waktu dan biar cepat timbulnya kerja sama, kami mengambil resiko dengan memberikan kepercayaan kepada toko. Kami akan memberikan 1 sak beras dan bisa dibayar belakang, dengan begitu kepercayaan antar kami dan toko cepat terjalin, ini adalah salah satu speed of trust. Walaupun ada resiko toko tidak membayar, tapi kami yakin mereka mampu, jikalau mereka tidak membayar tentu kerja sama ini hanya cukup kali ini saja. Kami tidak mau tertipu untuk ke 2 kalinya.

***

Demikianlah brainstroming kami, semoga dapat membantu kami dan pembaca bagaimana memulai bisnis dengan baik. Saya berdoa semoga rencana bisnis ini lancar dan berkah. Insha Allah.

Advertisements

0 Responses to “Rencana Kerja Usaha “Wholesaler” Beras di Sidoarjo”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s