Membuat Filter Nitrogen Cycle Sendiri Untuk Kolam Koi

Koi merupakan ikan hias yang paling populer sejagad dan trendnya tidak pernah turun, tetapi dibalik kecantikan ikan ini, Koi gampang terserang penyakit oleh karena itu diperlukan filter yang mumpuni agar ikan tidak sakit sakitan.

Sebelum memulai membuat filter, saya mencari tahu bagaimana proses proses apa saja yang terjadi dalam aquarium. Setelah mencari beberapa lama, saya mendapatkan gambar ini.

Gambar di atas menjelaskan proses alami yang terjadi di dalam kolam. Ikan makan, ikan mengeluarkan tinja dan ammonia, ammonia diubah jadi nitrite oleh bakteri, menghasilkan nitrate, nitrate dibutuhkan tumbuhan sebagai pupuk, setelah nitrate diserap tumbuhan, tumbuhan menghasilkan oksigen dan menjadi air yang siap pakai untuk ikan.

Tahap pertama adalah Ikan Koi makan dan mengeluarkan tinja. Memberikan pakan dalam jumlah besar akan mengakibatkan ikan Koi membuang kotorannya. Apalagi Koi makan selalu dengan lahap walaupun perut sudah kenyang. Karena itu memberikan pakan tidak berlebihan kepada ikan Koi dan membuat ikan Koi puasa adalah salah satu cara mereduksi tingginya racun yang berbahaya.

Tahap kedua adalah mengumpulkan kotoran kotoran kasar dan diendapkan dalam satu tempat dengan menggunakan sistem Vortex.

Tahap ketiga adalah ikan Koi yang membuang kotorannya, secara kasat mata kita bisa melihat tinja yang besar besar itu sebagai kotoran yang harus segera dibuang dari kolam. Jika dibiarkan akan menjadi penyakit di kemudian hari dan membahayakan ikan Koi. Karena itu tahap ini saya akan menggunkan kapas / saringan untuk memfilter kotoran kotoran yang kasar. Saya membeli kapas dalam jumlah besar yang harganya jauh lebih murah yaitu 20.000 dengan kepadatan yang kecil.

Tahap ketiga, setelah berhasil menyaring kotoran kasar tentunya ada zat kimia yang tak tersaring yaitu ammonia. Maka diperlukan reaksi kimia untuk menghilangkan ammonia dari air.

Ammonia berasal dari insang sedangkan dari urine menggeluarkan ammonium. Banyaknya ammonia yang dihasilkan ikan Koi dari banyaknya makanan yang ia makan. Selain itu ammonia juga dihasilkan dari pembusukan bahan organik seperti hewan mati atau makanan yang tidak dimakan.

Salah satu teknik yang menghilangkan ammonia dari air adalah menggunakan batu zeloid. 1 gram zeoloid dapat menghilangkan 1.5 gram ammonia. Saya membeli batu zeloid di toko ikan seharga 6.000.

Tetapi cara paling ampuh cepat dan murah adalah dengan mengganti air dalam kolam.

Tahap keempat, setelah ammonia diproses oleh batu zeloid menjadi nitrite. Kini nitrite harus diubah menjadi nitrate. Nitrite adalah racun yang dihasilakan oleh Nitrospira di dalam filter dan mengkonsumsi ammonia.

Untuk mengatasi nitrite ini diperlukan bioball yang dapat memproduksi bateri, saya membeli bioball seharga 25.000. Selain itu aeration atau biasa dikenal blukutuk blukutuk ada menguranginya. Garam air juga dapat membantu menghilangkan nitrite sesuai takaran. Jika produksi nitrite terlalu besar pada kolam, lakukan penggantian air 75%.

Tahap keempat menghilangkan nitrate / nitrogen yang dihasilkan oleh bakteri Nitrospira di dalam filter yang mengkonsumsi Nitrite. Untuk menghilangkan nitrate merubahnya menjadi oksigen diperlukan tumbuhan, saya mencari tumbuhan yang paling banyak didapati di kampung adalah enceng gondok.

Penggantian air secara berkala 25% dalam setiap munggu bisa menghilangkan nitrate. Selain itu mengurani populasi ikan dalam kolam juga diperlukan, agar filter dapat bekerja dengan maksimal.

Bagaimana dengan karbon aktif? Oh ya hampir lupa, kegunaan karbon aktif mengikat zat zat kimia yang terdapat di aquarium, baik yang bersumber dari kolam atau pun diluar kolam. Zat zat kimia yang dapt diserap oleh karbon aktif seperti kaporit, sufur dan lain lain. Karena karbon aktif dapat mengikat zat zat berhaya dari luar, maka aku tempatkan di atas Zeloid. Untuk jaga jaga jika terjadi kecelakaan di dalam kolam, seperti tertumpahnya deterjen ke dalam kolam.

Dari semua proses tadi, saya memerlukan 4 bak yaitu 1 untuk pengendapan, 2 untuk zeloid dan karbon aktif, 3 untuk bioball dan 4 untuk tumbuhan.

Refensi

[1] Ammonia
[2] Nitrite
[3] Nitrate
[4] Zeolite
[5] Activated Carbon
[6] Peralatan Aquarium
[7] Filter Kolam Koi Dengan Sistem Vortex

Advertisements

0 Responses to “Membuat Filter Nitrogen Cycle Sendiri Untuk Kolam Koi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s