Gerakan Islam Berpolitik Atau Gerakan Jihad?

Setelah runtuhnya Ottoman 92 tahun lalu, muncul gerakan ummah yang peduli untuk mendirikan khilafah kembali. Gerakan itu dibagi menjadi 2, gerakan Jihad yang berkonfrontasi dengan musuh musuh Allah dengan bayang bayang tuduhan terorisme dan berebut wilayah. Dan satunya gerakan Islam berpolitik, mencoba masuk kedunia politik tanpa berkonfrontasi dengan pemerintah lewat jalur konstitusi negera.

Dari ke 2 gerakan itu siapa yang berhasil?

Perlu diketahui 2 kali gerakan Islam jihad berhasil mendirikan negara bersyariat Islam, yaitu negara Taliban (hancur setelah diserang Amerika 2001) dan ISIS di Irak dan Suriah masih eksis sampai sekarang. Sedangkan di Afrika ada Boko Haram, tapi saya tidak mempunyai materi untuk gerakan jihad ini.

Sedangkan gerakan Islam politik lewat jalur demokrasi belum 1 pun berhasil menegakan syariat Islam di negaranya. Walaupun hampir berhasil di Mesir lewat presiden Mursi tapi keburu dibredeli oleh firaun Al Sisi. Tetapi masih ada harapan di Turki yang dipimpin oleh Erdogan, tapi saya belum mendengar diterapkan syariat Islam di negeri itu. Hanya rumor kalau Turki akan ke arah sana (syariat Islam).

Gerakan Islam di Indonesia

Di indonesia gerakan Islam Jihad NII dikomandoi SM Kartosoewirjo gagal. Sedangkan lewat gerakan politik partai Masyumi yang pernah memperoleh suara 20,9% di pemilu tahun 1955 juga gagal, karena pada tahun 1960 partai Masyumi dibubarkan oleh presiden Soekarno.

Indonesia sekarang?

Aku rasa tak ada gerakan partai partai yang mengaku Islam membawa ideologi syariat Islam. Sedangkan gerakan jihad hanya ada kelompok kecil yang konfrontasi kofrontasi kecil dengan pemerintah di wilayah timur. Tetapi setiap tahunnya bibit bibitnya semakin banyak yang terpecah dibeberapa daerah, karena blum adanya dukungan dari masyarakat.

Bagaimana dengan Saudi, Bahrain, UAE dan negara timur tengah lainnya?

Mereka bukan negara Islam walaupun mengambil beberapa hukum syariat Islam, seperti hukum pancung, qisash dan lain lain. Mereka masih terjerat dengan konsep kebangsaan, padahal setiap muslim adalah saudara meninggalkan kebangsaan. Selain itu cuma negara Taliban dan ISIS yang boleh setiap muslim seluruh dunia untuk hijrah di sana.

Dari gerakan politik islam dan gerakan jihad yang terbukti berhasil menggetarkan musuh musuh Allah, mengembalikan kemuliaan ummah dan berhasil mendirikan negera Islam bersyariat adalah gerakan Jihad.

Sedangkan gerakan politik? Hanya melanggengkan perdamaian dengan musuh musuh Allah tanpa mengembalikan kemuliaan ummah.

Advertisements

0 Responses to “Gerakan Islam Berpolitik Atau Gerakan Jihad?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s